Berburu Jamur

mie-hijau-asli-sehati1

Apa yang menjadi kelebihan dari mie ayam Sehati | Perto Group?

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mie sehati ini punya kelebihan di kualitas rasanya yang setingkat lebih mantap dibanding mie yang memakai bahan pengawet atau penyedap.

Untuk meningkatkan kualitas mie sehati, maka telah dicoba sebuah rumusan baru yaitu mie ayam sehati tanpa jamur. Campuran daging ayam yang biasanya dibuat perbandingan 2 ayam dan 1 jamur dirubah menjadi tanpa jamur sama sekali.

Ternyata hasilnya justru kurang memuaskan. Ada rasa yang hilang di mie ayam itu dan biaya pembuatan mie ayam juga mengalami kenaikan. Tentu ini adalah suatu hal yang harus segera diatasi dan akhirnya menu dikembalikan lagi seperti semula.

Penasaran dengan inovasi yang kurang berhasil ini, maka inovasi diarahkan kepada jamur yang dipakai sebagai campuran mie ayam ini. Mulailah dicari jamur yang berkualitas baik dan jumlah pasokan yang pasti.

Perburuan jamur inipun sampai ke para petani jamur dan resto khusus jamur. Diskusi-diskusi kecil dilakukan dengan petani jamur untuk mendapatkan pasokan jamur yang berkualitas tinggi, sampai akhirnya muncul ide untuk budi daya jamur di belakang rumah sebagai kepastian pasokan jamur untuk resto mie ayam sehati.

Perburuan tidak berhenti pada lokasi petani saja tapi pada beberapa buku yang memuat budi daya jamur.

Budi Daya Jamur Merang dengan Media Kardus
Jamur merang (Volvariella volvacea) disebut dengan “jamur merang” karena umumnya ditanam di media merang (sekam padi). Namun, jamur merang ternyata dapat tumbuh dengan baik di media olahan kardus bekas seperti yang dikembangkan oleh penulis. Jamur merang yang ditanam pada media kardus ini selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan “jamur kardus”. Jamur kardus dapat menjadi alternatif bagi masyarakat perkotaan yang ingin menanam jamur merang dan kesulitan mendapat media merang, sekaligus merupakan solusi penanganan limbah perkotaan yang semakin meningkat setiap harinya. Hasil panen jamur dari media kardus pun terbukti lebih unggul, yakni lebih putih, lebih kenyal, dan lebih tahan lama. Selain itu, jamur kardus beraroma wangi, tidak seperti jamur merang pada umumnya yang baunya apek.

Anda penasaran dengan jamur kardus dan ingin mencoba? Simak lebih dalam isi buku ini yang ditulis langsung oleh pakarnya.

Mas Hadi salah seorang pakar jamur menulis seperti ini.

Ada 4 faktor yg harus diperhatikan dalam budidaya jamur merang :
1. Komposan PH antar 6.8-7 (netral)
2. Pasteurisasi atau steam suhu harus mencapai 60-70
3. Suhu dan kelembaban
4. Kebersihan kumbung dan bibit (awas oplosan) !!!!!!!!!
Jika ke 4 faktor ini diperhatikan Insya Allah hasil yg kita inginkan bisa tercapai. Jika rekan-rekan seputaran jabodetabek ingin berusaha di bidang jamur merang silahkan datang ke kumbung saya di Ulujami Jakarta Selatan saya siap memberikan pelatihan dan menyalurkan penjualannya, jika berminat, Hub 081314290704, 085718481696 (Hadi) semoga bisa menjadi jalan usaha bagi rekan-rekan semua,.

Dari situs pasarjamur.com ada artikel menarik tentang jamur ini.

Jamur ITU ENAK DAN SEHAT
Jamur kaya akan berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflamin), niasin, dan biotin.
Selain elemen mikro, jamur mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Hebatnya, jamur terbukti ampuh melawan HIV, kolesterol, gula darah, kanker, dan afrosidiak.
Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 14-35% protein. Dibandingkan beras (7,38%) dan gandum (13,2%), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur kurang lebih ada 9 jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Istimewanya lagi, 72% lemaknya tidak jenuh (unsaturated).

Rasanya mempertahankan jamur sebagai bagian dari menu mie ayam sehati tidak salah dan justru dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan.

Share and enjoy

16 thoughts on “Berburu Jamur

  1. Pingback: Mie SEHATI
    • Semoga di daerah lain ada juga rumah jamur tempat Mie Ayam Sehati Perto Group mendapatkan kepastian pasokan dari sisi kualitas dan kuantitasnya.
      Amin.

      Salam Sehati

  2. Untuk jamur, mungkin bisa kontak Pak Muhaimin Iqbal di geraidinar.com, setahu saya beliau juga membudidayakan jamur di jonggol.

  3. saya sangat tertarik untuk ikut pelatihan jamur.
    tolong kasih alamat lengkapnya dong!
    dan biayanya berapa untuk pelatihan.
    terima kasih

  4. saya tinggal di jakarta, tepatnya di cengkareng jakarta barat. saya mau ikut pelatihan budidaya jamur. dimana dong!

    • Di Mie Sehati belum mengadakanpelatihan Budidaya Jamur.

      Silahkan hubungi pak Hadi di nomor 081314290704, 085718481696.

      Mungkin beliau bisa membantu.

      Salam Sehati.

  5. Pingback: Berburu Jamur (lagi)

Tinggalkan Balasan