Diskusi di milis : Supaya mie tidak menggumpal

Alhamdulillah, milis mie sehati makin rame dengan pertanyaan dan sharing dari para anggotanya. Salah satu yang menarik adalah postingan dari mas Eko June yang menanyakan tentang beberap ahal, antara lain bagaimana caranya agar mie tidak menggumpal.

Isi lengkap postingan beliau silahkan simak di bawah ini :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sesuai judul, salam teramat hangat untuk semua rekan di milis Mie Sehati.Perkenalkan nama saya Eko Junaedi, sering disebut Eko June aja sekedar untuk membedakan dengan ratusan ribu Eko lainnya terutama punggawa Mie Sehati pak Eko SHP :).

Core usaha di kuliner yaitu www.agencireng.com dan www.onthespotcoffee.com serta istri yang handle fashion dengan memiliki toko busana di Bekasi dan www.jilbab-balita.com

Sudah sering mengikuti pelatihan mie hijau Perto group pak Syamsu dari sekedar karena anggota MM, pemantau dari komunitas atau karena merasa menjadi temannya pak Syamsu dan pak Eko SHP hehe. Jadinya setengah2 dalam artian setengah di awal atau setengah di akhir pelatihan, karena meluncur ke lokasi lain, jadinya gak pernah utuh, bahkan sampe sekarang :).

Akhirnya momennya datang ketika ada saudara yang pengen buka usaha, akhirnya saya arahkan untuk ikut pelatihan di Mie Jawara-nya mr Oni Suoni di Cibubur sana.

Alhamdulillah setelah sempat butuh waktu membuat planning, perhitungan dan lain sebagainya maka kami memberanikan diri membuka di lokasi yang sangat strategis … di rumah. Ya, rumah adalah lokasi paling strategis … buat kantong hehe, karena gak perlu modal awal untuk sewa, gak pelu ada uang mati dan memang sifatnya yang masih menjajagi pasar dan mengasah kemampuan membuat mie agar lebih mumpuni lagi.

Namanya Mie Ijo ‘QUEEN’ merujuk kepada anak ketiga kami Saqueena Aufie Salvarisi :). Simple ya hehe. Harapannya semoga menjadi ratu-nya mie hijau. Resmilah sudah saya menjadi muridnya pak Syamsu Perto ūüôā

Pembukaan kemarin di luar dugaan. Karena kami hanya membuat sekitar 3 kilo dan dalam waktu 2 jam sudah habis untuk 57 mangkok. Di luar dugaan karena ya itu tadi lokasi yang sangan sangat jauh kedalam perumahan. Target kami hanya sebagai langkah awal memulai dan melatih keberanian si ipar dan mempersiapkannya kelak di lokasi yang ok, tanpa mengharapkan yang muluk2.

Ternyata promosi nya sepertinya berhasil dengan menyebar brosur dan memberikan sensational offer.

Ada beberapa pertanyaan :

1. cara agar si mie itu gak ngegumpal, jadi saling menempel gitu

2. berapa sebenarnya HPP (ongkos produksi) per mangkok ?

3. dimana cari pemantik gas mawar tapi yang kepala api nya besar, seperti pada pedagang pecel lele ?

Demikian, semoga kita semua diberi keberkahan dan kemuliaan dalam hidup dengan memberikan manfaat kepada orang lain.Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

-Eko June-085716006676
Mie Ijo QUEEN

+++

pak Syamsu, Master Mie Perto menjawabnya secara langsung :

salam sukses pak Eko,kita ketemu lagi he he, memang mantaplah milis ini bisa menyambung silaturrahmi
saya akan coba jelaskan 3 pertanyaan pak

1.untuk menjaga agar mie tdk menggumpal,saat proses pembuatan mie,setelah adonan jadi segi empat,sebelum ditipiskan    bisa ditaburi sedikit kanji ,baik di lembaran yang sdh digiling,maupun diatas gilingan,ini akan menghasilkan mie yang halus  bisa dilakukan setiap 2x penipisan

2. untuk no.2 belum dihitung lagi pak he he

3. di Karawang banyak pak,bapak bisa cari di Toko Aneka,Jl Tuparev disamping toko fajar1 Karawang,disana cukup lengkap

semoga sukses pak, salam berkah untuk semua
terima kasih

syamsu

+++

Diskusi lain tidak kalah menariknya dan akan kita muat di blog ini agar diketahui oleh mereka yang belum ikut milis. Tentu saja yang paling baik adalah ikut milisnya. Silahkan masukkan alamat email di kolom yang disediakan di bawah ini.

Subscribe to miesehati

Powered by us.groups.yahoo.com

Cara paling gampang adalah dengan mengirim imil kosong ke alamat : miesehati-subscribe@yahoogroups.com

Share and enjoy

Tinggalkan Balasan