Habis Pelatihan Mie langsung ACTION

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (20)

“Habis Pelatihan sebaiknya langsung ACTION!”

Kalimat di atas rupanya menyemangati salah satu peserta pelatihan mie sehati Perto Group, tanggal 19 Nopember 2011 di Mie Sehati Yogyakarta. Meskipun acara telah selesai, salah satu peserta tetap menempel pada instruktur pelatihan dan mulai melancarkan jurus bisik-bisiknya.

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (12)

“Teman-teman kan sudah pesan mesin giling mie agar bisa langsung praktek di rumah. Jadi saya juga mau beli mesin giling mie sama ibu saja”, ucapnya lirih seperti berbisik pada sang instruktur pelatihan.

“Beli mesin giling mie tidak harus ke mie sehati, tetapi bisa beli sendiri ke toko-toko yang menjualnya. Harganya sekitar 600-700 ribu untuk ukuran yang kita pakai di pelatihan ini. Kalau pesan sekarang paling cepat dua minggu baru sampai”, begitu kalimat dari sang instruktur itu. Kalimat terakhir ini rupanya yang membuat mas Beni terus berbisik mendekati sang instruktur.

“Bagaimana kalau mesin giling mie yang Ibu demokan tadi saya bawa saja Bu. Saya benar-benar ingin langsung ACTION setelah mengikuti pelatihan ini”

“Wah gimana ya pak. Itu milik peserta pelatihan di Surabaya yang lalu dan akan segera diambil. Coba saya kontak ke pemiliknya dulu ya. Soalnya dia sudah bayar kontan”

Mas Beni mengangguk dan wajahnya jadi cerah berseri ketika tahu sang pemesan mesin mie masih memperbaiki warungnya dan baru dua minggu lagi memerlukan mesin giling itu. Suatu kebetulan yang sulit dijelaskan. Ketika semua orang puas dengan jawaban instruktur untuk menunggu dua minggu lagi, ternyata mas Beni ingin lebih cepat ACTION, sehingga dia menunggu saat yang tepat untuk membawa pulang mesin giling mie yang hari ini hanya ada satu di warung mie sehati.

Sehari setelah pelatihan, mas Beni langsung kirim SMS mengabarkan bahwa dia sudah sukses membuat adonan mie sebanyak satu kilo. Rasanya sudah memadai dan memuaskan, hanya perlu takaran yang klebih pas lagi untuk masalah minyak ayamnya.

“Sudah sukses membuat 17 porsi @80 gram dari satu kilo tepung!”

Ukuran normal, biasanya satu kilo bisa menjadi 18 porsi @80 gram, tetapi sudah jamak kalau hanya bisa menjadi 17 porsi. Bisa jadi karena banyak tepung yang terbuang bisa jadi karena kebanyakan menimbangnya.

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (3)

Peserta yang lain punya cerita tersendiri. Mbak Meylda Morris langsung semangat 45 ketika diminta untuk menggiling mie. Ditunjukkan kalau kuku tangannya bersih dan langsung memakai celemek KOKI untuk mulai mengaduk tepung. Berdua dengan suaminya, mbak Meylda Morris memang dengan tekun mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan oleh instruktur dengan sangat serius.

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (5)

Pertanyaanpun sering muncul dari mbak Meylda Morris, membuat orang lain tidak perlu bertyanya lagi karena sudah terwakili. Mbak Meylda Morris juga langsung ikut milis Mie Sehati dan langsung menyampaikan pengalaman berharganya di milis tersebut.

“Berbekal info dari internet & sms ibu Yeni, akhirnya saya sampai juga di tempat Pelatihan Mie Ayam Sehati Yogya, awalnya sempat tak percaya kalo ini tempat kursusnya (karena sebelum-sebelumnya kalo saya ikut kursus tempatnya besar, luas, di jalan2 besar). Lha ini, diluar dugaan, malah sebaliknya.

Tapiiii … Subhanallah, jangan salah, saat pelatihan berlangsung, walau santai, semua peserta semangat bertanya, antusias menyimak apa yang disampaikan ibu Yeni, baik bu Yeni & pak Eko juga luar biasa semangat berbaginya,

Beliau siap membantu kapanpun kalau nanti ada yg perlu ditanyakan “asal sinyal ga putus aja”, tidak semata2 “profit oriented”, kami peserta nantinya bebas memulai usaha tanpa harus pusing mikir prosedur “ala waralaba” & tdk mengikat (lha ini yg saya cari) jadi lebih hemat.

Yang penting ilmu bikin mie, kaldu, topping, pangsit sudah disampaikan, “improvisasi” nanti terserah peserta. Matur Nuwun Bu Yeni & Pak Eko sudah berbagi, smoga bermanfaat, terima kasih juga mie ayam & es buahnya, maknyus,

Jadi  tambah semangat untuk memulai bisnis mie ayam, Insyaallah,amin.”

Pak Ipung salah satu pemilik Warung Mie Sehati langsung nimbrung,”begitulah sebuah ciri khas yg berbeda dan kadang juga jauh dari dugaan..kadang acaranya di dapur, kadang di teras rumah, kadang di ruang tamu, kadang di kebun, kadang di tempat jualan, kadang di ruang serba guna, kadang di villa, kadang di apartemen.”

Mie hasil Pelatihan Mie Ayam 19 Nopember 2011

Mie hasil Pelatihan Mie Ayam 19 Nopember 2011

Pelatihan hari Sabtu ini diadakan memang langsung di dua tempat berbeda dengan waktu yang bersamaan dan dipimpin oleh dua instruktur, pak Syamsu Irman dan Ibu Yeni. Isi pelatihan memang tidak hanya melulu cerita tentang cara membuat mie ayam saja, tetapi lebih sering disisipi dengan kisah motivasi tentang mie ayam ini.

“Berapa bulan bisa tercapai BEP pak?”

“Analisa biaya produksi gimana pak?”

“Apakah warungnya harus seperti ini atau boleh disain sendiri atau bagaimana ya?”

Pertanyaan semcam itu biasanya tidak dijawab secara langsung tapi dijawab dengan menceritakan falsafah komunitas bisnis Tangan Di Atas (TDA).

“Komunitas TDA adalah komunitas yang dijiwai semangat berbagi yang luar biasa besarnya. Disamping itu ada juga istilah yang sering kitaa pakai dalam memulai bisnis, yaitu APH”

“Yang sering terjadi, biasanya sebelum membuka usaha kita pikir-pikir sampai lama, kita hitung-hitung sampai makin lama makin ruwet, baru kalau cocok dilakukan ACTION. Yang terjadi kebanyakan mikir dan lupa ACTION”

“APH mengajarkan kita untuk segera ACTION, dan setelah itu pasti kita akan pikirkan dan hitung dengan semangat berpikir dan berhitung yang berbeda.”

“Ini kita sudah action, jadi harus dipikirkan bagaimana supaya untung, supaya lebih laris !”

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (6)

Pelatihan hari ini memang warnanya sedikit lain. Beberapa peserta adalah pasangan suami istri yang terlihat begitu menikmati acara ini termasuk acara naik becak keliling Yogya. Ada juga kelompok Genk Motor dari Ponorogo yang berangkat dini hari dan sampai di lokasi ON TIME.

Tiga Pembalap dari Ponorogo

Tiga Pembalap dari Ponorogo

Ada juga yang sudah jalan bisnisnya tapi perlu sebuah branded baru agar bisnisnya lebih berkembang.

“Saya geser semua acara dan alhamdulillah bisa ikut acara ini. Hari ini saya harus membawa contoh masakan mie sehati untuk istri yang di rumah”

Waduh sejuk banget ucapan bapak ini. pasti istrinya merupakan pasangan hidupnya yang membuat mereka menjalani hidup ini dengan penuh kebahagiaan.

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (1)

Semoga acara pelatihan ini mempunyai efek samping yang membuat tali silaturahmi anatar mereka makin kuat dan itulah inti bisnis ala TDA, SILATUTRAHMI !

Jadi bagai yang belum ikut pelatihan, jika nanti sudah ikut, jangan lupa judul tulisan ini. “Habis Pelatihan langsung ACTION

pelatihan mie ayam 19 Nopember 2011 (20)

Share and enjoy

5 thoughts on “Habis Pelatihan Mie langsung ACTION

Tinggalkan Balasan