Memulai Usaha Mie Ayam Perto Group

beblog-di-mie-sehati-2

Pertanyaan yang sering diajukan oleh para peminat usaha Mie Ayam adalah bagaimana cara Memulai Usaha Mie Ayam Perto Group, menjadi pengusaha Mie Ayam dan berapa modal yang harus dikeluarkan oleh mereka? Pertanyaan itu pulalah yang muncul ketika para petinggi BeBlog mengunjungi gerai Mie Ayam Sehati di Cikarang, setelah mereka melakukan kunjungan ke salah satu Penasehat BeBlog, mas Amril TG.

Mereka yang berkunjung ke Mie Sehati adalah Om Jay (penasehat BeBlog), mas Aris (Ketua BeBlog), mas Irfan (admin BeBlog) dan pak Rawi (Humas BeBlog yang baru saja menerima beberapa penghargaan nasional melalui TDA Pusat dan kementrian UKM). Sebenarnya akan lebih lengkap lagi kalau mas Vavai (admin BeBlog yang lain) ikut acara ini.

Saat mereka memasuki gerai Mie Ayam Sehati ini saat itulah terdengar adzan Asar, sehingga merekapun melakukan kewajiban ibadah pada Allah swt baru kemudian mulai berdiskusi masalah usaha Mie Ayam ini.

Para Kompor TDA Bekasi

Para Kompor TDA Bekasi

Topik awal adalah masalah besaran modal yang harus disediakan untuk memulai usaha Mie Ayam ini.

“Modal untuk usaha Mie Ayam, diluar biaya tempat, biasanya berkisar pada angka 3 juta rupiah”

“Angka sebesar itu untuk apa saja ya?”

“Itu adalah angka untuk pembelian mesin giling mie, kompor dan perlengkapan lainnya”

“Kalau kita sudah punya kompor?”

“Ya angkanya bisa turun dari 3 juta. Kurangi dengan harga kompornya. Pada prinsipnya yang paling mahal adalah pembelian alat giling mie, yaitu seharga 525 ribu. Selebihnya biasanya kita sudah punya, misalnya sendok, garpu, panci dll”

“Terus kalau kita buka warung mie ayam, apakah namanya harus Mie Sehati atau Mie Perto?”

“Nama usaha, silahkan pilih sendiri yang paling cocok di hati. Setelah itu cantumkan nama Mie Perto Group di salah satu sudut papan nama atau spanduk. Contohnya di Mie Jawara yang baru saja buka di Cibubur. Mereka mengambil nama Mie Jawara – Sehati – Perto Group. Boleh-boleh saja”

“Apa beda atau kesamaan dari Mie Sehati dengan Mie Perto Group?”

“Mereka adalah dua bersaudara. Mie Perto adalah Kakak tertua dan adik satu-satunya adalah Mie Sehati”

“Maksudnya?”

“Artinya tidak ada bedanya antara Mie Perto dan Mie Sehati. Sampai saat ini kalau ada pelatihan, maka pelatih utama adalah Mie Perto dan asistennya adalah Mie Sehati. Dua-duanya punya ilmu yang ama dalam meracik menu mie Ayam ini”

“Terus bagaimana model kemitraan di Mie ayam Perto atau Sehati ini?”

“Yang pertama, penjual Mie Ayam yang bernaung di bawah Mie Perto Group atau Mie Sehati harus membeli bumbu mie atau yang sering kita sebut biang mie ke Manajemen Perto Group”

“Harganya?”

“Sangat murah. Hanya 5.000 rupiah per bungkus. Biang mie ini akan dicampurkan dengan 1 kg adonan tepung, sehingga menghasilkan sekitar 18 mangkok”

“Terus cara pembelian biang mie itu bagaimana?”

“Pesan minimal untuk 50 bungkus dan akan dikirim via TIKI atau semacamnya, tergantung tujuannya. Pengalaman selama ini tidak ada yang meleset deliverynya.”

“Wah ini iklan TIKI donk?”

“Hahaha…….kita sebut yang sering kita pakai saja. Yang lain juga bagus, cuma jarang kita pakai”

“Terus kecapnya pakai apa? Apakah harus Bango?”

“Tidak harus pak, tapi wajib !”

“Hahahaha….karena aktifis Mie Sehati ini anggota komunitas Bangomania ya?”

“Selain kita anggota komunitas Bangomania, kecap Bango memang enak kok pak!”

“Jadi hanya itu saja ya syaratnya? Apakah ada iuran atau suatu angka rupiah untuk dibayarkan ke Perto Group setiap bulannya sebagai bukti kemitraan ini?”

“Bila usaha mieny asudah untung, maka ada satu kewajiban yang kita wajibkan untuk semua mitra kerja kita yaitu agar mereka menyisihkan keuntungannya pada mereka yang sedang membutuhkan. Tidak usah besar-besar, cukup 2,5% saja. Kalau mau lebih ya dipesilahkan”

“Wah gampang banget ya? Tapi bagaimana cara merekrut karyawannya? Apakah karyawan itu bisa diikutkan dalam pelatihan disini?”

“Prinsipnya, kita ajarkan cara membuat mie lengkap dari A-Z hanya untuk pemilik usaha Mie Ayam. Dengan demikian pemiliknya tahu persis apa saja yang berhubungan dengan bisnis Mie Ayam ini. Bila suatu saat ada karyawan yang pergi, maka ilmu Mie Ayamnya tidak akan ikut pergi, karena kitalah yang punya ilmunya”

“Apa ada buku pegangan untuk dibaca-baca di rumah. Misalnya berisi alat apa saja yang dipakai, komposisi bumbunya dan sebagainya?”

“Tentu ada. Kalau bapak suka surfing internet, silahkan diunduh disini saja”

“Kayaknya gampang ya buka usaha Mie Ayam ini…”

“Hahahaha…bener pak. Warung Mie Ayam Jawara yang di Cibubur itu, mereka baru pelatihan bulan lalu dan beberapa hari kemudian langsung buka usaha dan laris manis…”

“Iya bener, aku sudah coba juga kesana. Kok bisa enak padahal mereka kan masih baru buka?”

“Hahaha…..kalau ikut petunjuk dari buku dan dari pelatihan yang diberikan, maka semua itu menjadi mudah. Apalagi ditambah niat untuk membuka lapangan pekerjaan baru, insya Allah dimudahkan urusannya oleh yang Maha Kuasa”

“Insya Allah…Amin…”

“Makan dulu pak. Keasyikan ngobrol nanti lupa nggak nyobain mienya”

Diskusi sore itupun akhirnya berakhir dengan narsis bersama. Memang kebiasaan narsis berjamaah bagi para blogger sangat susah untuk dihilangkan.

+++
Artikel penting :
Milis Mie Sehati – tempat para pemerhati dan penjual mie berdiskusi
Resep Mie Sehati – silahkan unduh sendiri disini

Share and enjoy

95 thoughts on “Memulai Usaha Mie Ayam Perto Group

    • Aku sudah kesana dan merasakan Dahsyatnya Mi Jawara

      Semoga laris manis.
      Amin.

      Salam Sehati

  1. Pingback: Sharing Bisnis Mie di Surabaya (lagi) « Mie SEHATI
  2. saya mau jadi pengusaha warung mie ayam, kapan lagi ada pelatihan buka warung mie ayam dari A-Z?
    Terima Kasih.

    syamsul bahri
    081316674444

    • Salam Sehati mas Syamsul

      Kalau mas Syamsul ikut komunitas TDA, maka dapat berdiskusi dengan kelompok TDA di sekitar anda untuk mengundang master mie perto berbagi ilmu bisnis mie ayam. Kebetulan namanya pak Syamsu, mirip ya…

      Ada juga pelatihan 2 mingguan di gerai mie ayam sehati, yang akan dibuka lagi setelah bulan puasa.

      Pesertanya dari bermacam-macam tempat, Jakarta, Bogor, bahkan Joga juga ada. Pelatihan di Surabaya malah ada yang datang dari Medan.

      Jadi silahkan hubungi saja Ibu Yeni 0888 308 7532 untuk tempat dan waktu yang paling cocok. Tks

      http://miesehati.com/2010/04/pelatihan-bisnis-mie-ayam-hari-ini-dari-jakarta-dan-bogor/

      Salam Sehati

  3. Anak saya suka sekali makan mi ayam dan sering beli di luar, saya kuatir terlalu banyaknya bahan penyedap (vetcin) yg digunakan. Yang saya tanyakan, apakah Mi Ayam Sehati menggunakan bahan penyedap (sejenis vetcin) dan bahan pengawet? Saya ingin membuat mi ayam dg tanpa bahan penyedap tapi sangat sedap dan uenak tenan rasanya.Terimakasih …

    • Untuk @Andiani
      Rasanya mie ayam sehati cocok deh
      Tanpa pengawet dan tanpa penyedap
      dibuat hari ini dan dijual hari ini

      Hanya bisa menyediakan 3 macam rasa saja, yaitu ras ENAK, ENAK Banget dan Enak Tenan

      Salam Sehati

        • Pelatihan tiap akhir bulan untuk Jogja dan Surabaya, sedang untuk wilayah lain tergantung situasi dan kondisi. Untuk pelatihan di Jogja Taman kuliner) dan Surabaya, sebagai instruktur telah ditunjuk ibu Yeni Rumiyaningtyas (FB:Yeni Eshape) dengan nomer HP +62 819-0806-6333 (SMS dan WA), sedangkan di Jabodetabek tetap duet Pak Syamsu dan Pak Ipung.

  4. Pingback: Saus dua Belibis | Mie SEHATI
  5. Pingback: Kisah Mudik 2010 (5) : Peresmian Mie Ayam Sehati Emia Yogya
  6. Pingback: Testimoni dari Blogger Internasional : Amril TG | Mie SEHATI
  7. Salam kenal..selamat dan sukses ya pak…saya tertarik untuk belajar buat mie sehat…kebetulan usaha saya bakso online tanpa pengawet dan pengenyal buatan..rencana ingin mengembangkan ke bisnis usaha bakso dan mie ayam..kapan2 bisa mampir untuk belajar mie sehat ya pak…

  8. siang pak..
    kalo saya ingin ikut pelatihannya,dikenakan biaya brapa ya??
    saya ingin mencoba buka mie ayam keliling dgn modal kecil,apakah ada mie dan minyak bawangnya yg bisa di beli dr mie sehati?
    terimakasih

    • Biaya pelatihan dan jadwal pelatihan bisa dilihat di blog ini.
      Untuk bulan Oktober ini hanya ada di Bekasi, Cikarang dan Jogyakarta saja
      10 Oktober : CIkarang dan Jogyakarta
      17 Oktober : Bekasi (Warung Bebek Jingkrak)
      24 Oktober : Jogyakarta

      Hubungi Yeni 08883087532 untuk info lebih detil
      Biaya pelatihan 25.000/orang

      Salam Sehati

  9. untuk yang ikut pelatihan Mie ayam Hijau tanggal 10 Okt
    silahkan datang dan bayar di t4,alamatnya
    Mie Sehati Jl.Beruang III,blok B5,no,30,Cikarang Baru

    Terima Kasih

  10. Pingback: Peserta berdatangan dari luar Pulau | Mie SEHATI
  11. Pingback: Resto Mak Beng | Mie SEHATI
  12. Pingback: Resep Rahasia Mie Ayam Sehati | Mie SEHATI
  13. pelatihan mie di jakarta dan tangerangnya kpn donk ??? pengen bgt bikin usaha mie tapi masih bingung mulainya dari mana dulu…..

      • Boleh saya minta no telp pa Syamsu atw pa Oni? saya tertarik untuk ikut pelatihan mie ayam sehat. Tks

        • Salam.

          Untuk info lebih detil silahkan catat nomor di bawah ini :

          Jakarta – Bekasi dan sekitarnya :
          Ipung – 081510901803
          Syamsu Irman – – 08561125392
          Kalau di Yogya dan Surabaya kontak Ibu Yeni untuk info lebih detil.
          Yeni – 08883087532

          Salam sehati

  14. Boss Kemana Saya Harus Melangkah Kayanya Pas banget Nih Saya Lagi Munyer2 Cari Usaha Yang Modalnya Murah Tapi Usahanya Tidak Murahan, Di Daerah Bekasi Di Mana Ya, Saya Pingin Banget Bikin Usaha Mie. Tx

  15. Pingback: Mie SEHATI
  16. saya mau buka usaha mia ayam+baso
    kmrn c udah coba” buat mie ayam ijo sendiri, dan hasilnya lumayan,
    ingin membuka warung sendiri, tapi masih pikir” dengan peralatannya
    saya, masih seorang mahasiswa.
    terus ketemu dengan tulisan ini, jadi tertarik.
    adakah acara di bekasi?

    • Untuk acara di Bekasi, silahkan hubungi pak Syamsu di 08561125392 (Masternya Mie Perto) atau EO pelatihan mie untuk Cikarang pak Ipung 081510901803.

      Di Cibubur silahkan hubungi mas Oni 08121072552 (Owner Mi Jawara)

      Salam Sehati

  17. Saya pengen usaha mie..tp mash bingung untuk membuka nya..sya ingin mengikuti pelatihan membuat mie dari mie sehati…untuk blan maret kpan lg pelatihanya…
    buat daerah depok ada ga

    terima kasih

    • Salam.

      Maaf, pertanyaan ini tidak terlihat olehku.
      Semoga sudah dapat info yang dicari.

      Paling dekat pelatihan adalah di Yogya, hari Minggu, 11 September 2011
      Di Bogor tanggal 25 September 2011 bertempat di Rukko Keramikku,Jl.Kh.Sholeh Iskandar 474 cimanggu,Bogor,telp 082111569915 dengan pak Narko

      Salam sehati

    • Salam.

      Waduh ini juga kelewatan gak terbaca.

      Semoga sudah dapat info yang dicari.

      Paling dekat pelatihan adalah di Yogya, hari Minggu, 11 September 2011
      Di Bogor tanggal 25 September 2011 bertempat di Ruko Keramikku Jl.Kh.Sholeh Iskandar 474 Cimanggu,Bogor,telp 082111569915 dengan pak Narko

      Salam sehati

  18. salam kenal.

    saya seorang pengangguran yang bermimpi punya usaha,modal saya hanya keberanian.untuk modal financial,saya masih ngesot dalam arti modal nekat dengan berhutang.

    itu yang akan saya lakukan untuk memulai usaha.

    mohon petunjuk nya dalam usaha mie ayam ini,karna yang saya liat prospeknya bagus dan sangat menjanjikan dengan kualitas rasa dan kenyamanan.

    mohon bantuannya dimana saya bisa mendapat informasi dan belajar untuk jadi pengusaha sukses mie ayam..terima kasih

    salam sukses.

    • Salam Mas @Nurdin

      Sebaiknya mas ikut milis Mie sehati mas.
      Silahkan kirim imil kosong ke alamat imil di bawah ini :
      miesehati-subscribe@yahoogroups.com

      Di situ, bisa lebih cepat mendapat tanggapan dari beberapa pemerhati mie sehati, baik sang Master Mie Perto maupun para pemilik warung mie sehati | Perto Group.

      Salam sehati

      Salam sehati.

  19. Pingback: Mie Ijo Banyumasan : Mie JOZZ !:-)
  20. Pingback: Pelatihan Mie di Surabaya, 17 April 2011
  21. saya mau memulai usaha mie ayam ini.. bgmna caranya? domisili saya di Palembang. dtggu infonya. thx

    • Salam.

      Sampai saat ini belum ada jadwal pelatihan ke Palembang.
      Semoga suatu saat ada juga jadwal pelatihan di Palembang.

      Silahkan ikuti milis mie sehati | Perto Group.
      Silahkan kirim imil kosong ke alamat imil di bawah ini :
      miesehati-subscribe@yahoogroups.com

      Di situ, bisa lebih cepat mendapat tanggapan dari beberapa pemerhati mie sehati, baik sang Master Mie Perto maupun para pemilik warung mie sehati | Perto Group.

      Salam sehati

      Salam sehati.

    • Salam.

      Semoga sudah dapat info yang dicari.

      Paling dekat pelatihan adalah di Yogya, hari Minggu, 11 September 2011
      Silahkan daftar ke Ibu Yeni 08883087532

      Kalau di Bogor diadaklan tanggal 25 September 2011 bertempat di Ruko Keramikku Jl.Kh.Sholeh Iskandar 474 Cimanggu,Bogor,telp 082111569915 dengan pak Narko

      Salam sehati

  22. pak eko , kalo di bandung ada pelatihan nya? saya berminat sekali nih memulai usaha mie ayam sehati. mohon info nya. trims

  23. Pingback: Bandar Lampung buka Mie Ayam "Mbah Simour" (member of Mie Sehati | Perto Group)
  24. Saya ingin ikut pelatihan,tapi saya sama sekali tidak bisa masak,…kira2 bs gak ya bikin mie hijau?

  25. salam kenal pak
    saya berencana buka usaha mie ayam n bakso setelah resaign kerja, tp bingung untuk memulainya.setelah buka blog ini ingin sekali rasanya gabung dgn mie sehati terutama mie ijonya bagaimana caranya?kapn ada pelatihan di bekasi barat?tq

    • Salam mbak Tri Dariyanti

      Minggu pertama kemarin ada pelatihan di dekat lokasi mbak Tri.
      Nanti kita infokan lagi kalau ada pelatihan yang dekat dengan lokasi mbak Tri.

      Bisa juga ikut milis mie sehati, jadi bisa langsung komunikasi dengan master Mie Perto, sang pencipta Mie Sehati.

      Bisa juga kontak pak Ipung untuk info lebih detil.
      Ipung – 081510901803
      Syamsu Irman – – 08561125392
      Kalau di Yogya sama Ibu Yeni untuk info lebih detil.
      Yeni – 08883087532

      Salam sehati

  26. Assalamualikum, pak info pelatihan mie ayam dan bakso di jababeka cikarang masih ada utk bulan desember ini, trimakasih

    • Salam.

      Maaf terlambat menjawab, informasi untuk pelatihan bulan Desember adalah sebagai berikut :

      Tanggal : 04 Desember 2011
      Jam : 09.00 s.d 14.00
      Lokasi : Apartemen POINS SQUARE Tower B Lantai 22 No. 12 Jalan R.A. Kartini No.1
      ( Dekat Terminal Lebak Bulus / Giant ) Jakarta Selatan

      Pendaftaran ke :
      Ibu Mustika HP. 081808282463
      Ipung Purwanto : HP. 081510901803

      Biaya masih Rp. 100,000.00 ( Seratus Ribu Rupiah )

      Untuk info detil langsung hubungi pak Ipung saja di nomor HP. 081510901803

      Salam sehati

  27. maaf Pak, kapan lagi ada pelatihan di jakarta atau bogor untuk tahun 2012? saya sangat berminat membuka usaha mie sehati, kebetulan saya ada tempat di bogor?

  28. Assalamu’alaikum pak Eko…. saya ibu RT yg ingin sekali buka usaha mie ayam buat bantu bantu suami,baca mie sehati ini aku jd tambah termotivasi ingin cepet buka usaha apalagi modal tidak memberatkan. Tp ada ngga’ ya pelatihan untuk saya yang berdomisili di Palembang. Mohon infonya dimana saya bisa belajar.Trimakasih.Wassalam
    ,

    • Wa’alaikum salam wr wb Bu Farida

      Untuk pelatihan di Pulau Sumatra belum bisa kita penuhi sampai saat ini.
      Biasanya mereka datang ke pelatihan yang dilaksanakan di Jabodetabek.

      Lucunya ada juga peserta dari Bandung yang memilih ikut di Jogja dibanding ikut di Jakarta.

      Salam sehati.

  29. Pingback: Testimoni dari Abi Priok
  30. saya tertarik dgn pelatihan mie sehati
    kapan ada lagi pelahitan di jogja?
    ato mungkin di solo
    terim kasih

    • Salam.

      Setiap bulan kita usahakan selalu ada pelatihan di Surabaya, Jogja dan Jabodetabek.
      Silahkan ikuti milis mie sehati atau simak info di blog ini.

      Salam sehati.

  31. Assalammualaikum,Pak Eko.
    Saya dari bintan_KEPRI. Bagaimana baiknya menurut Pak Eko,tempat yg terdekat untuk saya mendaftar sebagai anggota. Mohon pencerahannya. Terimakasih. Hp 081364213817.

    • Salam.
      Beberapa peserta dari Kepri, Aceh maupun Medan, lebih memilih ikut di Jabodetabek mas.
      Kalau dari Bandung, Kalimantan memilih di Jogja.
      Kontak (SMS) ke Ibu Yeni 08883087532 bila ingin ke Jogja.

      Salam sehati.

    • Salam mas Martinus

      Pelatihan tiap akhir bulan untuk Jogja dan Surabaya biayanya bisa ditanyakan langsung via WA/SMS ke ibu Yeni Rumiyaningtyas (FB:Yeni Eshape) dengan nomer HP +62 819-0806-6333, yang jelas tidak 25.000,-

Tinggalkan Balasan