Pelatihan Mie Sehati 18 Oktober 2014

Peserta Pelatihan Mie Sehati narsis berjamaah

Pelatihan Mie Sehati 18 Oktober 2014 akan menjadi salah satu agenda kegiatanku di hari Sabtu minggu ini. Sabtu pagi, seperti biasa aku siapkan badan untuk gowes melahap rute Warung Ijo untuk menikmati pisang godog  yang selalu diserbu goweser ketika mampir ke Warijo Pakem.

Sorenya, seusai pelatihan Mie Sehati, ada kopdar dengan master tea internasional dari UGM, mas Bambang Laresolo. Kebetulan teman-teman bersepakat untuk menentukan waktu kopdar setelah Asar, sehingga acara kopdar “The Magic of tea” yang tadinya tabrakan dengan acara pelatihan Mie Sehati bisa berdiri di masing-masing waktu yang berbeda. Acara The magic of tea ini diberi judul “Persian bites”.

Lokasi kopdar “Persian bites” ini dekat dengan lokasi warung Mie Sehati Grha Mulia (Gramul), jadi seusai pelatihan Mie Sehati di Taman Kuliner, aku bisa mampir dulu ke Grha Mulia sambil menanti waktu sore. Seusai acara kopdar dengan master Tea, aku harus siap-siap menghadiri pernikahan keponakanku di Gedung Pamungkas. Lengkaplah acara Sabtu, 18 Oktober 2014 ini.

Biasanya para peserta pelatihan Mie Sehati sudah membaca blog Mie Sehati sebelum datang ke pelatihan. Mereka sudah membaca kisah pelatihan sebelumnya dan juga beberapa tips mengikuti pelatihan dan kegiatan apa yang dilakukan setelah pelatihan.

Sebelum pelatihan, mereka biasanya sudah mengunduh file resep Mie Sehati dan ketika pelatihan dimulai, mereka sudah memegang hard copy resep, sehingga acara pelatihan bisa lebih lancar. Meski begitu ada juga yang benar-benar datang ke pelatihan tanpa persiapan sama sekali, bahkan mereka datang bukan karena mendaftar, tetapi didaftarkan oleh seseorang. Sang pendaftar asli bisa teman, saudara atau yang tertarik belajar Mie Sehati tetapi terkendala waktu, sehingga mereka mengirim temannya untuk belajar dan kemudian mengajarkan kembali pada dia.

Di status FB instruktur Mie Sehati kubaca pesan :”Pelatihan mie sehati berikutnya 18 Oktober’14, jam 10.00-13.00 di Taman Kuliner Condong catur, Yogyakarta. Konfirmasi pendaftaran via sms ke 081908066333″. Biasanya SMS pendaftaran dilakukan ke nomor 08883087532, tapi kali ini rupanya ada nomor satu lagi yang dipakai yaitu nomor XL 081908066333.

Lokasi pelatihan yang nyaman sebenarnya ada di Warung baru Grha Mulia, tetapi lokasi ini masih belum seterkenal Taman Kuliner Condongcatur Sleman, sehingga lokasi pelatihan tetap memakai lokasi biasanya yang dekat dengan terminal angkutan di Depok Sleman. Lokasinya memang pas di belakang terminal, sehingga peserta pelatihan dari luar kota akan sangat gampang menemukannya.

Sampai saat ini peserta pelatihan memang sudah tersebar hampir ke seluruh Indonesia, mulai dari Daerah Istimewa Aceh, Medan, Bengkulu, Sampit, Balikpapan, sebagian besar kota di pulau Jawa bahkan sampai ke Papua. Untuk peserta dari Aceh, mereka datang ke pelatihan satu rombongan keluarga besar, sedang dari Papua mereka datang sekelompok dengan satu pemandu dari Papua dan satu pemandu dari Jogja.

Usaha warung Mie Sehati memang khusus buat mereka yang ingin belajar wirausaha secara instan, selesai pelatihan langsung bisa buka warung. Hanya dibutuhkan dana sekitar 3 juta rupiah untuk dapat memulai kegiatan tersebut, diluar biaya tempat.

Tempat jualan mie memang bisa dilakukan di depan teras rumah, di garasi atau di tempat sempit yang kita punyai. Bila sudah berkembang, maka tempat yang lebih layak bisa dipikirkan. Misalnya tempat yang lebih luas, lebih ramai atau lebih nyaman. Dengan demikian dalam proses awal itu kita bisa belajar dahulu bagaimana rasanya menjadi seorang wirausahawan kecil-kecilan.

Mie Mentah Sehati Hijau

Mie Mentah Sehati Hijau

Masalah pertama dalam dunia wirausaha, biasanya adalah masalah tenaga kerja. Saat usaha kita mulai memerlukan orang lain untuk ikut membantu, maka masalah tenaga kerja sudah mulai muncul. Masalah tenaga kerja, memang biasanya selalu muncul dalam berbagai usaha yang didirikan, entah itu usaha warung, usaha toko kelontong atau apapaun usaha yang memerlukan bantuan tenaga kerja lain.

Dalam pelatihan Mie Sehati topik ini kadang-kadang dibahas tuntas, kadang dibahas seadanya saja, karena passion masing-masing peserta sering berbeda. Ada yang datang hanya untuk belajar memasakkan keluarganya sebuah menu sehat yang tetap lezat sebagai pengganti makanan instan yang sering mereka konsumsi dan ada juga yang datang hanya untuk melengkapi menu yang mereka sudah jual.

Ada penjual mie yang sudah laris manis dagangannya tapi dia sendiri belum tahu bagaimana proses pembuatan mie dari sejak berbentuk tepung sampai berbentuk mie yang siap dihidang dan disantap. Ada juga yang datang dengan keluhan kalau anaknya sudah terbiasa makan makanan instan dan dia perlu mencari hidangan selingan agar tidak tiap hari memakan masakan yang sama.

Bagi yang tertarik pelatihan ini, silahkan langsung saja kontak sang instruktur, Ibu Yeni Rumiyaningtyas di nomor 081908066333. Cukup SMS nama lengkap dan alamat lengkap agar bisa dicatat dalam daftar peserta pelatihan.

Salam sehati.

Mie Sehati Gramul Jogja

Mie Sehati Gramul Jogja

Share and enjoy

Tinggalkan Balasan