Pelatihan Mie Surabaya 21 Maret 2014

Instruktur mie sehati diapit 2 pelanggan

Pelatihan Mie Surabaya 21 Maret 2014 akan dilaksanakan di Pondok Candra, dimulai pada jam 13.00 dan berakhir pada jam 16.00 wib. Para peminat pelatihan bisa langsung kirim SMS ke Ibu Yeni 08883087532. Silahkan ditulis nama dan alamat lengkap untuk memudahkan instruktur mempersiapkan sarana dan pra sarana pelatihan.

Pada pelatihan yang lalu di Taman Kuliner Jogja, peserta mendapat pelatihan tentang beberapa hal yang penting. Biasanya pelatihan mie memang selalu menghasilkan adonan mie yang langsung enak, tetapi saat pelatihan di Jogja minggu lalu, peserta menikmati hasil pelatihan yang berbeda dengan cita rasa mie sehati yang umum.

“Apakah rasanya seperti mentah ?”, kataku pada peserta pelatihan yang sedang menyantap hasil masakan mereka.

“Iya nih, rasanya seperti kurang pas”

“Ukuran mienya juga ternyata gedhe banget nih”

Berbagai macam komentar langsung saling bersahutan mengomentari hasil masakan mereka saat praktek membuat mie sehati. Akupun menjelaskan pada mereka dimana keslahan yang telah dibuat, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan ilmu yang diberikan.

Kesalahan pertama dan utama ada pada rebusan air yang belum mendidih tetapi mie sudah dipaksakan masuk, Rebusan air yang belum mendidih akan membuat mie tidak mengembang sempurna, sehingga rasanya akan sangat jauh berbeda. Bila air rebusan sudah mendidih, maka hanya diperlukan 12 hitungan alias 12 detik untuk membuat mie mentah menjadi matang sempurna.

Kesalahan ke dua yang juga membuat perebusan mie menjadi tidak matang sempurna adalah terlalu banyak menaburkan tepung “kanji” untuk membuat mie tidak lengket. Rebusan air menjadi keruh oleh tepung ini, sehingga proses perebusan juga menjadi tidak sempurna.

Sambil mereka menikmati mie yang kurang sempurna matangnya, di dapur dimasak juga mie baru dengan proses perebusan yang sesuai standard mie sehati. Hasilnya langsung dihidang pada mereka dan kembali komentar bersahutan memuji nikmatnya mie sehati yang dimasak secara benar dan matang.

“Wah memang beda rasanya”

“Iya nih, enak”

Satu hal lagi yang membuat mie tidak direbus secara sempurna adalah penempatan kompor yang ditaruh di ruang terbuka dan sedang banyak angin berhembus. Api yang dipakai memanaskan panci berisi air rebusan tidak secara cepat dapat memanaskan air, sehingga ketika mie direbus, sebenarnya air yang terlihat mendidih belum mendidih secara sempurna.

Pelatihan di Surabaya di hari Sabtu 21 Maret 2014 nanti bisa jadi hasilnya sempurna, bisa juga hasilnya kurang sempurna. Namun apapun hasilnya, instruktur Mie Sehati akan memastikan semua peserta mendapat ilmu membuat mie yang benar dan hasilnya sempurna.

Beberapa peserta pelatihan memang tidak semua mampu menyerap ilmu membuat mie dengan baik, bisa karena banyaknya peserta pelatihan atau bisa juga saat dijelaskan saat sedang tidak konsentrasi. Untuk hal ini, instruktur pelatihan sudah mencarikan solusinya, yaitu komunikasi lanjutan via SMS atau telepon langsung ke Ibu Yeni 08883087532.

Mesin giling mie sehati

Mesin giling mie sehati

Bagi yang sudah mantap untuk ikut latihan, silahkan melakukan pendaftaran ke Ibu Yeni dan mengirimkan biaya pelatihan sebesar Rp. 200.000 ke rekening berikut :

Bank Mandiri an Yeni Rumiyaningtyas No : 156-000-1476-367
BCA an Yeni Rumiyaningtyas No : 873 000 4045.

Seusai transfer silahkan konfirmasikan kepesertaan kepada ibu Yeni melalui SMS nomor 08883087532. Untuk peserta khusus Surabaya ini, sebaiknya sudah hadir sebelum sholat Jumat dan bagi yang beragama Islam dapat mengikuti ibadah Jumat di dekat lokasi pelatihan.

Akan lebih baik kalau sudah membaca file resep mie sehati dan peralatan apa saja yang dibutuhkan. Silahkan unduh disini untuk yang ingin membacanya dulu. Bagi yang belum sempat mengunduh, maka saat pelatihan akan dibagikan file tersebut dalam bentuk hard copy.

Salam sehati.

Instruktur mie sehati diapit 2 pelanggan

Instruktur mie sehati diapit 2 pelanggan

 

Share and enjoy

One thought on “Pelatihan Mie Surabaya 21 Maret 2014

  1. Pingback: Pelatihan Mie

Tinggalkan Balasan