THINK BIG — START SMALL — ACT NOW

TDA Jogja mencoba narsis berjamaah di Warung Mie Sehati

Seolah masih belum puas dengan pertemuan yang sampai tengah malam, para anggota TDA Jogya masih melanjutkan diskusinya melalui milis TDA Jogya.

“Apa sih itu THINK BIG — START SMALL — ACT NOW  — MOVE FAST — CONTINUES IMPROVEMENT?”

Begitu pancingan yang membuat semua anggotya TDA Jogya lainnya merasa perlu untuk memebri komentar.

“Jupuken langkah cilik wae njuk eksekusine sing cepet kayak Jusuf Kalla kae lho…lha iki nek boso jawa, nek pakdhe cahyadi kae kan boso inggris aku yo ora mudheng….hahaha…”

“Contohnya gini:

Think big: Ke Amrik
Start small: cari info harga tiket pesawat
Move fast: begitu tiket udah dapet langsung bayar biar gak kehabisan. Gak ada tunda menunda saat keputusan udah dibuat

makaten…”

Komentar lain juga segera muncul.

THINK BIG atau visi besar adalah gambaran gagasan TITIK AKHIR.

Dan gagasan besar adalah ketika sudah mulai diwujudkan, karena gagasan yg hanya disimpan dalam pikiran, seberapapun besarnya, kalau tidak segera dimulai (ACT NOW) hanya besar dalam angan2. Bahkan bisa menjadi sampah dalam otak.

… maka mulailah dari yang kecil (START SMALL), dari yang ada di sekitar kita, dari diri sendiri, dalam framework MULAI DARI TITIK AKHIR yang telah dibreakdown sedemikian rupa, …..

MOVE FAST adalah upaya percepatan (akselerasi) dalam setiap proses yang berprogres, karena dunia dan isinya juga sedang dalam percepatan.

Coba kita cermati bagaimana misalnya grafik percepatan perubahan dalam teknologi komunikasi, yang akan mempengaruhi komunikasi antar manusia.

…. dan kita tahu, komunikasi adalah basis lahirnya kebudayaan, termasuk di dalamnya karakter dan perilaku masyarakat sebagai konsumen. Konsumen kita mengalami percepatan perubahan, kata pak Her, pasar menjadi sangat horizontal, sehingga apa alasan kita untuk tidak  bergerak cepat, sekali lagi, dalam PROSES yang berPROGRES. Dalam pemahaman bahwa Visi Besar itu diwujudkan dengan fase2 Proses yang harus dijalani, tetapi juga sekaligus perlu menjamin bahwa setiap proses mengarah maju semakin mendekati titik akhir.

dan CONTINUOUS IMPROVEMENT adalah perbaikan yang terjadi secara terus menerus, pada setiap titik manapun.

semoga tidak puas … :D…”

Luar biasa dialog yang terjadi di milis TDA Jogya ini. Semoga semua anggota TDA Jogya dapat mengambil hikmah dari diskusi seru yang kalau di baca di milisnya tentu lebih lengkap, lebih hidup dan lebih menggugah.

Share and enjoy

4 thoughts on “THINK BIG — START SMALL — ACT NOW

  1. Pingback: Jadwal Pelatihan Januari – Pebruari 2011

Tinggalkan Balasan